Tren Bisnis Berkelanjutan Merangkul Gaya Hidup Hijau

Tren Bisnis Berkelanjutan Merangkul Gaya Hidup Hijau

Di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, tren bisnis berkelanjutan menjadi semakin populer. Bisnis-bisnis yang mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan tidak hanya peduli terhadap lingkungan, tetapi juga terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

Salah satu bisnis yang konsisten dengan tren ini adalah Greentea. Awalnya merupakan toko teh di Bandung, bisnis ini menggunakan konsep “hitam dari gelasnya, hijau dari tutupnya”. Greentea menggunakan gelas hitam dan tutup plastik hijau, dirancang untuk digunakan kembali dan mengurangi sampah plastik.

Greentea juga mengajak pembelinya untuk membawa tumbler sendiri melalui program “Greentea for Greener”. Dengan membawa tumbler, pelanggan dapat memperoleh potongan harga sebesar 20%. Program ini cukup berhasil, sehingga Greentea mampu menjual sekitar 14.000 porsi minuman per bulan menggunakan tumbler.

Selain Greentea, perusahaan lain yang menerapkan bisnis berkelanjutan adalah Ecoware. Perusahaan ini memproduksi berbagai produk peralatan makan dan minum yang terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat terurai secara hayati. Ecoware telah berhasil mengurangi sampah plastik hingga 300 ton per tahun.

Contoh ketiga adalah Tencel. Perusahaan ini memproduksi kain tencel, yakni kain alami yang terbuat dari serat kayu. Kain tencel memiliki daya serap yang tinggi, sehingga menjadi pilihan yang baik untuk pakaian olahraga dan pakaian dalam. Tencel juga dapat terurai secara hayati, sehingga ramah lingkungan.

Tren bisnis berkelanjutan ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga bagi bisnis itu sendiri. Greentea, Ecoware, dan Tencel, ketiganya berhasil meningkatkan penjualan dan citra merek dengan menerapkan praktik-praktik berkelanjutan.

Bisnis berkelanjutan bukan hanya menjadi tren, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Bisnis yang peduli terhadap lingkungan dan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat akan memiliki daya saing yang lebih tinggi di masa depan.

Scroll to Top